BERSAMA KPK, PEMDA NGANJUK ADAKAN RAPAT MCP


 2020-09-11 |  Kecamatan Tanjunganom/zk

Rapat koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) dalam Indikator Monitoring Center for Prevention (MCP) dan Capaian 2020 Kabupaten Nganjuk melalui aplikasi zoom meeting dengan Tim Koordinator Wilayah VI KPK-RI di command Center, Senin (7/9/2020).
 
Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Drs. Moh Yasin M.Si, ditemani Inspektorat Daerah kabupaten Nganjuk dan 10 (sepuluh) OPD terkait diantaranya Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk, Kepala Bappeda, Kepala Bapenda, Kepala BPKAD, Kepala BKD, Kepala Dinas PRKPP, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas PM dan PTSP, Kabag Hukum Asisten pemerintahan dan Kesra, dan Kabag ULP Asisten Perekonomian dan Pembangunan.
 
Dibuka oleh Arif Nurcahyo, satgas Pencegahan Korwil VI KPK-RI. Arif mengatakan beberapa point yang akan didiskusikan bersama dengan pemkab Nganjuk mengenai penyelamatan aset keuangan daerah diantara lain terkait capaian dari efisien BPJ, tindak lanjut dari penyusunan Inspektorat baik internal maupun eksternal, fasilitas umum dan fasilitas sosial, optimalisasi pendapatan daerah, manjemen aset daerah, dan masih banyak yang akan didiskusikan bersama.
 
Indikator penilaian MCP program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi KPK meliputi 8 (delapan) item antara lain perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah dan tata kelola dana desa.
 
“Untuk pencapaian MCP semester satu dari pemkab Nganjuk dibandingkan tahun 2019, tahun ini cukup bagus, terhitung diatas 80% untuk penilaian Kabupaten Nganjuk diperingkat 12 untuk jawa timur dalam memenuhi target MCP KPK dan masuk peringkat seperempat se Indonesia. masi ada waktu 4 bulan lagi bisa menyelesaikan Indikator MCP” ungkap arif.
 
Pada rapat tersebut diawali pemaparan dari Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk Drs. Lishandoyo M.Si, dan kemudian dilanjut masing-masing OPD memaparkan pencapaian dan kendala dalam pencapaian Korsupgah KPK semester satu tahun 2020.

 

Sumber : Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk